Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara mudah Mengetahui Jenis Font Dengan Cepat


Pernahkan Anda saat browsing di internet menemukan font yang menarik dan Anda menjadi penasaran apa font yang digunakan? jika Anda tahu saat ini ada ratusan ribu jenis font yang bisa Anda pilih. Lalu apakah Anda mungkin untuk mengenali sebanyak itu? dari pada Anda penasaran mending dicari saja apa jenis fontnya.

Untuk Anda yang bekerja sebagai desain grafis pastinya sudah banyak hafal dengan jenis font. Tetapi untuk Anda yang kurang familiar dengan font tidak perlu bingung karena kami sudah menyiapkan caranya untuk mengetahui jenis font.

Setiap font pastinya memiliki kegunaan yang berbeda, ada font yang khusus untuk penggunaan formal seperti Times New Roman dan lain sebagainya. Tetapi pastikan sebelum mengecek, font tersebut tersedia pada internet bukan hasil dari font custom sendiri.

Cara Mengetahui Jenis Font

Sebelum mengetahui jenis fontnya, pastikan Anda menyimpan gambar font. Karena kita nanti akan melakukan identifikasi lewat gambar font tersebut. Nah berikut kami sudah menyiapkan 7 cara mengetahui jenis font dengan mudah dan cepat, berikut pembahasannya:

1. Photoshop

Cara pertama Anda tidak perlu menggunakan jaringan internet, cukup menggunakan aplikasi photoshop saja. Caranya cukup mudah pastikan Anda sudah menginstall aplikasi photoshop pada komputer yang Anda gunakan. Kami memberikan contoh font dari logo Google, simpan logo tersebut yang akan kita identifikasi dengan photoshop.

Silahkan buka aplikasi photoshop terlebih dahulu, jika sudah pilih menu File > Open File dan cari lokasi logo Google yang sudah kita simpan tadi.

Pilih Menu Match Font

Jika file sudah terbuka silahkan pergi ke menu “Type” kemudian scroll kebawah pilih “Match Font”, tunggu prosesnya hingga muncul jenis font yang digunakan.

Hasil dari Match Font Photoshop

2. What The Font

Cara kedua berbeda dengan yang pertama, karena ini berbasis online. Anda cukup menyiapkan gamba font saja kemudian lakukan upload pada website WhatTheFont.

Kemudian gambar Anda setelah diupload akan di crop otomatis oleh WhatTheFont, klik tanda panah biru seperti dibawah ini untuk melanjutkan.

Upload gambar pada WhatTheFont

Jika sudah font Anda akan diidentifikasi dari jenis fontnya dan harganya. Contoh dari font Google tersebut menggunakan font dari Free Zone Medium dengan harga lisensi $19.99.

Hasil dari WhatTheFont

3. Font Squirrel Matcherator

Untuk mengetahui jenis font yang ketiga bisa menggunakan Font squirrel, caranya mirip dengan yang kedua. Anda perlu menyimpan gambar font yang akan diidentifikasi kemudian lakukan upload file tersebut.
Matcherate Fontsquirrel

Jika sudah font Anda akan dianalisis untuk mengetahui jenisnya, silahkan pilih Matcherator It untuk menemukan jenis fontnya.

Jika prosesnya sudah benar maka akan muncul hasilnya seperti dibawah ini, tinggal Anda memilih saja kira-kira mana yang paling mirip dengan font Google.

4. Font Spring Matcherator

Cara yang keempat tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Silahkan Anda kunjungi website Font Spring dan pilih Matcherator. Kemudian upload gambar font yang sudah Anda siapkan sebelumnya seperti dibawah ini.

Tunggu proses upload hingga selesai, nanti gambar font akan dianalisis untuk mengetahui jenis font yang digunakan. Pilih Matcherate It pada bagian bawah dan temukan hasil fontnya.

Hasil analisa dari Fontspring

Hasilnya akan seperti dibawah ini, pilihlah mana yang paling sesuai dengan gambar yang sudah Anda upload tadi.

5. Typography.Guru

Cara yang kelima untuk mengetahui jenis font bisa dengan menggunakan website Typography.guru. Anda akan mendapatkan layanan font identification service untuk mengetahui jenis font yang sedang dicari.

Silahkan klik pada button “Open the Link” untuk melanjutkannya, jika Anda buka website Typography.guru ini bekerjasama dengan fontspring.com seperti pada pembahasan sebelumnya, silahkan ikuti seperti pembahasan nomor 4 diatas.

6. What Font ls

Cara mengetahui jenis font yang keenam dengan menggunakan WhatFontIs.com. Untuk cara pengecekannya sama dengan yang lainnya, Anda yang pertama harus melakukan upload gambar font pada websitenya terlebih dahulu. Seperti pada gambar berikut ini.

WhatFontIs

Jika berhasil gambar akan di crop secara otomatis dan silahkan lanjutkan dengan pilih “Next Step”. Jika gambar yang Anda upload kurang jelas bisa dilakukan optimasi dengan mengatur contrast, brightness, rotation agar lebih jelas lagi. Jika dirasa sudah cukup silahkan klik “Next Step

Upload Gambar di WhatFonIs

Silahkan masukkan karakter sesuai gambar yang Anda upload, jika sudah silahkan pilih “Next Step”.

Memasukan karakter pada WhatFontIs

7. Font Face Ninja

Cara yang ketujuh berbeda dengan yang lainnya. Untuk cara mengetahui jenis font ini Anda tidak menggunakan website online melainkan menggunakan ekstension google chrome. Silahkan Download Font Ninja pada link tersebut kemudian pilih “Add to Chrome”.

Font Ninja

Tunggu prosesnya hingga Font Ninja berhasil di Install, jika sudah benar akan ada icon font ninja warna hijau pada pojokan atas. Jika sudah silahkan buka salah satu website, kami mencontohkan dengan Qwords.com kemudian klik kanan pada icon Face Ninja dan arahkan kursor pada font pada website, nanti akan muncul nama font beserta ukurannya.

Identifikasi Font Face Ninja

Demikian pembahasan mengenai 7 cara mengetahui jenis font dengan mudah dan cepat. Silahkan Anda pilih mana yang paling mudah dan cepat, rekomendasi dari kami bisa menggunakan font face ninja karena lebih simple tidak perlu save gambar dan upload gambar.

source : zee.gl/ROQ2L Penelusuran terkait : Cara mengetahui jenis font di CorelDRAW, Cara mengetahui jenis font di Photoshop cs6, Jenis font BPKB, Nama font di Photoshop, Cara mengetahui font di website, Cara mencari font lewat gambar free, Match font tidak ada di Photoshop, Cara mengetahui font dari gambar di Photoshop CS6

Posting Komentar untuk "7 Cara mudah Mengetahui Jenis Font Dengan Cepat"