Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Ukuran Header Untuk Logo Blog


Saat pertama kali merubah judul blog dan menggantinya dengan logo, Saya sempat menemui sedikit masalah. Ukuran logo yang saya gunakan terlalu besar, dan alhasil gambar yang ditampilkan tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan.

Dari masalah tersebut kemudian saya mencari solusi Google untuk mendapatkan berapa ukuran header yang pas untuk memasang logo pada blog.

Setelah beberapa artikel yang sudah saya baca, akhirnya menemukan ukuran yang pas untuk header blog. Ukuran yang didapat yaitu 400 x 72 pixel. Setelah ukuran header di dapatkan, selanjutnya tinggal membuat logo untuk dipasang pada header dengan ukuran yang sudah di dapatkan tadi.

Oh iya hampir lupa, ukuran header tersebut untuk template bawaan blogger atau template simple. untuk template yang lain Saya kurang tahu ukuran header nya berapa, apakah sama atau tidak. Jadi anda bisa mencari sendiri ukurannya di Google.

Pembuatan logonya pun sangat mudah dan bisa dibuat menggunakan Smartphone. Aplikasi yang akan saya gunakan adalah PIXELLAB. Sekarang mari kita buat logonya menggunakan Smartphone.

1. Langkah pertama kita buka dulu aplikasi pixellab. Di situ akan tampak lembar kerja dari aplikasi pixellab, selanjutnya ubah ukuran gambarnya menjadi 400 x 72 pixel dengan cara memilih ikon layer yang berada di pojok kanan bawah, Kemudian pilih image size. Di situ kita bisa mengubah ukuran gambar sesuai yang kita inginka. Selain itu di menu layer ini juga bisa merubah warna backgroud nya dengan gambar lain. Untuk logo kita ubah ukuran gambarnya menjadi 400x72 pixel, setelah pilih oke.


2. Tambahkan teks dengan memilih ikon huruf "A" lalu kemudian kita pilih edit, disitu Masukkan teks sesuai judul blog masing-masing. Selanjutnya kita bisa atur sesuai keinginan teksnya akan dibuat seperti apa. Di menu teks ini terdapat berbagai tools yang bisa kita gunakan untuk mendesain teks agar terlihat lebih bagus dan lebih menarik. Saya tidak akan menjelaskan cara mendesain teksnya, karena bagian ini tergantung pada imajinasi dan kreativitas kalian masing-masing. Jadi buatlah logo yang sebaik dan sebagus mungkin, dan yang paling penting adalah yang menurut kalian enak untuk dipandang.


3. Setelah logo selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menyimpan gambarnya dalam format png. Untuk resolusi kalian bisa gunakan settingan default atau bawaan. Jika kalian simpan dalam format JPG, ketika logo tersebut dipasang di blog hasilnya akan sedikit blur, hal ini sudah saya alami Ketika saya menyimpannya dalam format JPG.


4. Langkah selanjutnya memasukan logo yang sudah tadi ke dalam header blog. Caranya mudah sekali, buka dasbor blogger lalu masuk pada menu Tata Letak kemudian pada bagian tajuk kalian pilih edit


Pada opsi gambar, anda cari logo yang sudah dipersiapkan tadi. Pada bagian penempatan anda pilih selain judul dan deskripsi, terakhir pilih simpan.




Dan hasil nya bisa anda lihat seperti pada blog ini. Logonya sementara masih saya buat seperti itu karena ini hanya percobaan.



Saya rasa cara ini cukup mudah bahkan bisa dibilang sangat mudah dari pada kita harus menggunakan komputer. Untuk membuat logo pada blog saya ingatkan lagi bahwa ukuran header yang saya Sebutkan diatas adalah ukuran header untuk template bawaan blogger atau template simple blogger untuk template yang lainnya silahkan anda cari tahu sendiri di Google

Sementara sampai disini dulu yang bisa saya bagikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Apabila ada kritik dan saran, silahkan anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

source : https://zee.gl/Jq5pPM Penelusuran terkait: Ukuran Header Twitter, Ukuran header YouTube, Ukuran sampul blogger, Ukuran header WordPress, Cara mengetahui ukuran header wordpress, Cara membuat header blog, Header Blogger, Cara merubah ukuran header blog

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Ukuran Header Untuk Logo Blog "