Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog


Halo sahabat Rapatkan.com, pada kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog, oh iya setelah kamu mempunyai blog. Tugas selanjutnya mengelolanya dengan baik. Maksud mengelola dengan baik disini adalah kita diharuskan membuat artikel secara berkala dan teratur dan mempostingnya di blog kita, untuk kemudian kita bagikan di akun media sosial kita untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

"Kenapa harus mencari pengunjung? Yang penting kita buat artikel yang bermanfaat saja sudah cukup." Disinilah poin pentingnya, ibarat peribahasa "Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui" artinya sekali melakukan pekerjaan kita akan mendapatkan beberapa hasil (atau keuntungan) sekaligus. Disinilah fungsi pengunjung/visitor diperlukan, semakin banyak pengunjung di blog kita maka akan semakin besar peluang yang bisa kita dapatkan untuk menghasilkan uang lewat blog.

Kenapa tidak, ketika kita bisa bermanfaat untuk orang lain dengan membuat artikel-artikel yang informatif dan edukatif, sekaligus juga bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri dengan mendapatkan penghasilan dari apa yang kita kerjakan. Fair bukan?. Bahkan tidak sedikit orang yang menekuni dan berprofesi sebagai blogger untuk memenuhi kebutuhan dan menafkahi keluarganya.

Akan tetapi tentu saja bukan sesuatu hal yang mudah untuk mendapatkan penghasilan dari membuat blog (nge-blog), dibutuhkan usaha dan kerja keras juga kesabaran dalam menjalani prosesnya. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog yang sudah terbukti secara nyata mampu menghidupi seorang blogger, bahkan menjadi pendapatan utama meraka. Diantaranya dengan memasang iklan google adsense di blog kita.

Untuk menghasilkan uang lewat blog yang bersumber dari iklan terutama Google AdSense, kita butuh trafik pengunjung minimal 100-300 orang perhari. Untuk mendapatkan trafik pengunjung yang banyak, kita harus mengupdate artikel secara berkala dan berpromosi secara benar.

Tips membuat Blog agar mendatangkan trafik pengunjung dan Mendapatkan penghasilan dari blog:

1. Membuat/Membangun Blog

Langkah awal sebagai proses pembelajaran, kita bisa membuat blog dengan cara gratisan di blogger.com. Kelebihan membuat blog di blogger.com adalah kita dapat memasang iklan google adsense apabila kita sudah memenuhi syarat kelayakan yang telah ditentukan oleh pihak google adsense karena blogger.com merupakan salah satu produk dari goggle. Untuk kemudian jika kita berkeinginan untuk membangun sebuah blog yang lebih profesional, kita bisa mengeluarkan sedikit modal agar hasilnya lebih maksimal dengan cara membeli atau menyewa sebuah domain (nama untuk sebuah website) dan hostingnya (tempat untuk menyimpan domain dan file-file yang ada dalam sebuah website).

2. Memilih nama domain yang tepat

Jika tujuan kita di awal adalah menjadikan blog sebagai mesin pencari uang, maka memilih nama domain adalah hal yang sangat penting untuk kita rancang di awal pembuatan blog. Pilih nama domain yang sesuai dengan niche blog yang kita tentukan. Tujuannya adalah agar optimisasi mesin pencari atau SEO (seperti google) lebih maksimal dan fokus terhadap kata kunci yang berhubungan dengan niche blog kita. Sehingga mempunyai kesempatan memenangkan di halaman pencarian.

Niche blog: Sebuah blog yang membahas satu topik tertentu saja dan tidak membahas beragam topik. Misal: khusus membahas tentang makanan, tentang property, dan lain sebagainya.
SEO (Search Engine Optimizer) Optimisasi Mesin Pencari adalah: "melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Kita agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Kita tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik".

3. Memilih tempat sewa domain dan hosting yang tepat

www.domainesia.com

Kita bisa menyewa domain dan hosting pada satu jasa provider sekaligus, seperti: niaga hoster, IDwebhost, Godaddy, dan masih banyak lagi, tetapi admin di sini pakai domainesia. Pastikan kita memilih jasa hosting yang berkualitas, kapasitas penyimpanan yang sesuai dan yang paling penting adalah bandwidth yang menunjang. Pilihlah jasa domain dan hosting yang sudah terpercaya dan banyak direkomendasikan.

4. Memilih niche blog dengan trafik tinggi

Niche blog merupakan salah satu faktor penunjang untuk mendatangkan pengunjung. Jika kita berniat membangun sebuah blog yang bertrafik tinggi, sebaiknya pilih niche yang sesuai dan banyak di cari orang dan dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi. Tetapi perlu di ingat juga, bahwa kita harus mampu menyesuaikan dengan tingkat kemampuan kita dalam menguasai materi yang akan di sajikan.

5. Riset kata kunci (Keyword Research)

Jika blog yang akan kita buat bertujuan untuk mencari trafik sebanyak banyaknya, maka kita harus mengetahui jumlah kompetitor kita di search engine. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat persaingan dan kepadatan kata kunci dan untuk kemudian memilih kata kunci yang mempunyai sedikit persaingan dengan jumlah pencarian yang banyak. Banyak tool di internet yang dapat digunakan untuk meriset keyword seperti google ads, Keywordtool.lo, UberSuggest, dan masih banyak tools lainnya yang dapat kita manfaatkan untuk riset kata kunci.

6. Mengoptimalkan fungsi SEO Onpage dan Offpage

SEO adalah faktor utama untuk mendatangkan pengunjung secara signifikan dari search engine terutama google, sebaiknya optimasi blog secara maksimal melalui SEO onpage dan off page. Tahap ini yang seharusnya di khususkan, seperti optimasi meta tittle, diskripsi, meta keyword dan juga sitemap blog yang di kirimkan ke google webmaster.

Seo Onpage: Merupakan faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, kita akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri.

Seo Offpage: Merupakan Optimisasi SEO yang dilakukan di luar website. Contoh dengan membagikan artikel kita di media social untuk mendapatkan backlink.

7. Membuat artikel berkualitas dan update secara berkala

Usahakan kita harus bisa update artikel minimal satu minggu 2 sampai 3 artikel untuk memperoleh trafik secara bertahap. Dan usahakan artikel yang kita buat bukan murni hasil dari copy paste di internet. Kalaupun bahan artikel kita bersumber dari internet, usahakan kita memiliki sumber lebih dari satu artikel dan tidak lupa melakukan proses editing tulisannya.

8. Promosikan postingan di blog

Promosikan blog kita melalui media sosial, forum ataupun jejaring sosial yang khusus mempunyai topik seputar blog, hal ini salah satu cara yang sangat penting untuk mendatangkan pengunjung. Cara lainnya adalah dengan cara berbayar, yaitu memasang iklan di google ads, facebook, maupun Instagram.

Sebetulnya masih banyak cara lainnya yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan uang lewat blog, selain memanfaatkan iklan di google adsense blog kita pun dapat kita manfaatkan menjadi blog afiliasi (menjual produk orang lain), menjual produk sendiri, dan masih banyak lagi.

Demikianlah postingan tentang Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik. 

Penelusuran terkait : contoh blog yang menghasilkan uang, cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula, blogger, cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula, cara menghasilkan uang dari blog google adsense, apakah buat blog dapat uang, cara mencairkan uang dari blogger, cara menghasilkan uang dari wordpress

Posting Komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog"