Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Install Android Studio


Halo sahabat Rapatkan.com, pada kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara Install Android Studio di Windows

Kita membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • RAM minimal 3GB, direkomendasikan 8GB RAM.
  • Ruang kosong di harddisk minimal 2 GB untuk penyimpanan yang tersedia. Direkomendasikan 4 GB (500) MB untuk IDE dan 1,5 GB untuk Android SDK dan sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800.

Cara menginstal install Android Studio terdiri dari dua langkah utama, yaitu:

  1. Setup Android Studio
  2. Install SDK Android Studio

1. Setup Android Studio
Berikut langkah-langkah cara Install Android Studio :

1.1. Download Android Studio

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh file Android Studio. Silahkan ketikkan di google (browser) dengan kata kunci "download android studio". Maka kita akan diarahkan ke situs android studio, dan pilih download

1.2. Install Android Studio

Setelah selesai mendownload file Android Studio, buka file tersebut dan ikuti instruksi instalasi di bawah ini: Pertama, akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini. Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

1.3. Pilih Komponen Tambahan

Kemudian pilih komponen tambahan untuk install Android Studio. AVD (Android Virtual Device) ini fungsinya adalah untuk mengkonfigurasi perangkat yang dijalankan dengan emulator Android. Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah, klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

1.4. Tentukan Lokasi Instalasi

Selanjutnya, pilih lokasi untuk install Android Studio pada komputer Kita. Pada tutorial ini kita akan menginstal di lokasi C:Program FilesAndroid Android Studio. Setelah menentukan lokasi instalasi Android Studio, klik Next untuk melanjutkan.

1.5. Tentukan Nama Aplikasi Android Studio

Sebenarnya kita bebas mengganti nama aplikasi Android Studio yang akan ditampilkan pada Start Menu. Akan tetapi, demi kemudahan saat mencari aplikasi ini, sebaiknya gunakan nama Android Studio saja. Klik Install untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

1.6. Mulai Proses Instalasi

Setelah menentukan nama aplikasi Android Studio, Kita bisa memulai proses instalasi Android Studio. Gambar di bawah ini adalah proses instalasi Android Studio, tunggu hingga proses Selesai.

2. Install SDK Android Studio

SDK adalah seperangkat alat dan program perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi untuk platform tertentu. Sebelum menginstall SDK Android Studio, pastikan perangkat kita terhubung ke internet. Sebab akan ada proses download untuk komponen-komponen SDK Android Studio. Berikut ini panduan install SDK Android Studio.

2.1. Install SDK Android Studio

Sebelumnya, Kita telah berhasil menginstall Android Studio. Buka aplikasi tersebut dan ikuti instruksi instalasi SDK di bawah ini:

Pertama akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini. Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

2.2. Pilih Tipe Instalasi

Selanjutnya, pilih tipe instalasi. Kita akan diberikan dua pilihan, yaitu:
  • Standard : Untuk pilihan Standard, Kita akan mendapatkan default pengaturan dan instalasi tambahan dari Android Studio.
  • Custom  : Untuk pilihan custom, Kita bisa memilih pengaturan dan komponen tambahan yang Kita perlukan saja.
Pada tutorial ini kita akan memilih Custom agar aplikasi tambahan yang tidak diinginkan tidak terinstall. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

2.3. Pilih Tampilan Android Studio

Kemudian, pilih tema untuk tampilan di dashboard Android Studio. Ada dua pilihan pada tema Android Studio, yaitu:
  • Darcula : Bertema warna Dark (Hitam)
  • Light     : Bertema warna Light (Putih) Di tutorial ini kita pilih tema Darcula. Lalu klik Next untuk melanjutkan

2.4. Pilih Komponen SDK Tambahan

Langkah pemilihan komponen SDK ini hanya akan muncul kalau kita memilih tipe instalasi Custom. Jika memilih tipe instalasi Standard, Kita tidak akan mendapatkan pilihan komponen SDK karena semua komponen sudah dipilihkan secara default dari Android Studio. Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Next untuk melanjutkan instalasi.

2.5. Tentukan RAM untuk Emulator

Selanjutnya, tentukan RAM. Sebaiknya gunakan RAM minimal 4GB agar tidak memperlambat proses running Emulator ketika menjalankan aplikasi yang telah kita buat. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

2.6. Review Pengaturan Instalasi

Kemudian, kita akan diberikan informasi mengenai komponen tambahan SDK beserta ukuran filenya. Klik Finish untuk memulai proses download komponen-komponen tersebut.

2.7. Proses Download dan Install SDK Android Studio

Setelah proses download komponen SDK dimulai, Kita hanya perlu menunggunya sampai selesai mengunduh. Proses download dan instalasi file komponen SDK cukup lama karena ukuran filenya yang cukup besar. Oleh karena itu, pastikan koneksi internet Kita stabil agar tidak terjadi error saat proses instalasi berlangsung.

Setelah semua proses selesai, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Untuk melihat tutorial dalam bentuk video, silahkan kunjungi kanal youtube FROGLINE COM dengan judul: "Cara Instal Android Studio di Windows 10 - Untuk membuat Aplikasi Android"

Setelah kita selesai menginstal Android Studio di komputer/ Laptop, maka langkah selanjutnya adalah menginstal JAVA.


INSTAL JAVA

1. Buka browser dan ketikkan JAVA JDK

2. Kemudian pilih JDK Download

3. Pilih Untuk windows 10 64 bit

4. Ceklis dan klik donwload

5. Setelah terunduh, klik hasil unduhanya tersebut untuk menginstalnya di komputer kita

6. Ikuti perintah yang muncul di layar, dan klik NEXT

7. Setelah proses instalasi selesai, kemudian ketikkan ENVIRONMENT di kolom search windows Dan klik Edit the system environment variables. Seperti gambar di bawah ini

8. Setelah terbuka, klik Environment Variables

9. Kemudian klik path: ... dan klik edit, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

10. Buka windows explorer dan buka lokasi java jdk, kemudian copy.

11. Kemudian klik NEW, dan paste sumber jdk di atas. Dan klik OK

12. Kemudian klik New

13. Kemudian ikuti gambar di bawah ini. Dan di kolom variabel value hilangkan BIN nya.

Sampai disini kita sudah berhasil menyeting java di windows 10 untuk android studio. 

To view tutorials in video form, please visit youtube channel FROGLINE COM with the title: " Cara Instal Android Studio di Windows 10 - Untuk membuat Aplikasi Android"

Demikianlah postingan tentang Cara Mudah Install Android Studio yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik. 

Penelusuran terkait: cara install aplikasi android studio, cara install android studio di linux, cara install android studio di windows 10, cara instal android studio offline, cara instal android studio di ram 2gb, download sdk android studio, cara install sdk android studio, cara instal android studio 32 bit

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Install Android Studio"