Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Ads.txt untuk Google Admob


Halo sahabat Rapatkan.com, pada kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara Mudah Membuat Ads.txt untuk Admob

Tanggal 8 Agustus 2019, Google Admob meluncurkan peraturan terbarunya untuk diterapkan pada setiap aplikasi yang ingin dipublikasi di Google Play Store. Setiap developer console aplikasi di seluruh dunia pasti mendapatkan email yang berisi tentang peraturan baru, yaitu harus menerapkan app-ads.txt kedalam akun Admob yang dimonetize ke dalam aplikasinya.

Seperti dikutip di halaman resmi situs bantuan Admob bahwa : "Penggunaan app-ads.txt tidak wajib, tetapi sangat direkomendasikan, terutama jika Anda khawatir pihak lain dapat memalsukan aplikasi Anda."

Memulai dan Memeriksa Ads.txt di Admob

Untuk memulai menerapkan Ads.txt terlebih dahulu kita dapat memeriksanya di akun google admob kita dan mencari ID publisher Admob, caranya adalah sebagai berikut:

• Masuk ke akun Admob
1. Kemudian klik bagian Aplikasi di sidebar
2. Klik lagi dibagian Semua Aplikasi 
3. Kemudian Klik dibagian Tab app-ads.txt
4. selanjutnya klik CARA MENYIAPKAN APP-ADS.TXT yang berada di samping kanan.

Memasang Ads.txt di Admob

Cara untuk memasang app-ads.txt tersebut dapat menggunakan cara yang gratisan ataupun berbayar (dengan cara menyewa sebuah hosting beserta domain untuk membuat sebuah website).

Kita akan bahas bagaimana cara agar app-ads.txt terpasang di Admob dan tersinkron di aplikasi kita. Berikut tutorialnya:

Gratisan

  • buka https://www.app-ads-txt.com
  • Setelah masuk, kemudian klik Registrasi atau Daftar untuk pertama kali.
  • Masukan email dan sandi kita. Kemudian verifikasi email dan selesai.
Setelah masuk, kita isikan alamat Link salahsatu aplikasi kita di Google Play Store. Kemudian klik Next untuk melanjutkan. Lihat gambar:

Setelah itu kita akan diarahkan pada inti dari penempelan kode app-ads.txt, Tempelkan kode app-ads.txt milik kita yang berasal dari notifikasi di akun google admob.


Kemudian klik NEXT untuk melanjutkan, maka kita akan ditunjukan berupa kolom alamat link file app-ads.txt tersebut, kemudian simpan. Namun bukan itu alamat link yang akan kita salin. Link asli yang akan kita pakai adalah versi Live nya, kita tinggal gulir kebawah Klik tulisan "App-ads.txt live version". Seperti pada gambar di bawah ini:

Jika kita klik app-ads.txt live versionnya dan masuk ke browser seperti gambar dibawah ini, berarti langkah demi langkah sudah kita jalankan dengan benar dan salin alamat web tersebut. Lihat gambar

Setelah disalin versi livenya, kemudian masuk ke akun Developer kita. Masuk ke Google Play Console kemudian pilih Aplikasi yang akan kita masukkan ads.txt > pilih Keberadaan Toko > pilih Listingan Toko > pilih Detail Kontak > dan tempelkan alamat web dari app-ads.txt tersebut kita di kolom Situs web kemudian simpan dan publikasi. lihat gambar:

Cara ini berfungsi untuk seluruh aplikasi kita di Google Play Console, kita bisa tempelkan di seluruh situs web keberadaan toko yang terdapat di dalam aplikasi kita.

Setelah kita menyimpan dan mempublikasikan pembaruan di Google Play Console, kini saatnya lihat di Admob kita, buka akun Admob kemudian klik Semua aplikasi dan lihat didalam folder APP-ADS.TXT. Secara otomatis akan berubah terverifikasi. Namun tentu saja verifikasinya memerlukan waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 24 jam atau mungkin 1 minggu dan nanti lihat hasilnya.

Berbayar

Untuk cara yang kedua ini lebih direkomendasikan, selain lebih kredibel, kita juga dapat memiliki website sendiri yang tentu saja hal ini akan memiliki banyak manfaat untuk kita.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kita harus menyewa hosting dan domain untuk membuat sebuah website. Untuk pemula, kita bisa menyewa hosting dan domain yang murah sekitar 200 s.d 300 ribuan pertahun bahkan dari 100 ribuan juga ada, admin di sini pakai domainesia. Pastikan kita memilih jasa hosting yang berkualitas, kapasitas penyimpanan yang sesuai dan yang paling penting adalah bandwidth yang menunjang. Pilihlah jasa domain dan hosting yang sudah terpercaya dan banyak direkomendasikan.

Setelah kita memiliki hosting dan domain sendiri, kita harus mengaktifkannya melalui cPanel. Terlepas apakah menggunakan Wordpress sebagai CMS atau platform lain semisal Drupal atau Jombla atau juga platform Blogger.com

Langkah-langkahnya sama persis dengan cara membuat ads.txt di Adsense pada bagian Cara Mengaktifkan Ads.txt di cPanel. Anda dapat mempelajari lebih lanjut caranya sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya silahkan lihat dan klik Cara Mengaktifkan Ads.txt di cPanel/Cara Mudah Membuat ads.txt Untuk Google Adsense

Setelah kita berhasil memasukkannya ke dalam website kita, langkah selanjutnya adalah mendaftarkannya di google play console seperti pada cara GRATISAN di atas.

Sampai disini kita sudah berhasil memasukkan ads.txt di google play console seperti yang disarankan oleh pihak google Admob, sehingga kita tidak perlu khawatir aplikasi kita yang sudah terverifikasi dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah postingan tentang Cara Mudah Membuat Ads.txt untuk Google Admob yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

Penelusuran terkait: app-ads.txt admob, app-ads.txt admob blogger, cara buat file app ads txt, app-ads txt startapp, cara pasang iklan admob di blog 2021, cara pasang ads txt di wordpress, app ads txt blogspot, cara menerapkan app ads txt

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Ads.txt untuk Google Admob"