Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah Membuat Aplikasi Pdf Viewer di Android Studio plus iklan Admob


Halo sahabat Rapatkan.com, pada kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara Membuat Aplikasi Pdf Viewer di Android Studio plus iklan Admob

A. Memasukkan kode Pdf Viewer di Android Studio

1. Buka Aplikasi Android Studio, dan pilih Start a new Android Studio project

2. Kemudian pilih template Empty Activity, dan klik Next

3. Kemudian isikan Name dengan nama aplikasi kita (disesuaikan dengan keinginan kita). Begitupun dengan Package name. Package name ini sangat penting sebagai pengidientifikasian di google play nantinya. Kemudian klik Finish.

4. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, dan secara otomatis terdiri dari MainActivity Java dan activity_main.xml. 
  • Dimana; Activity.main.xml berfungsi sebagai tampilan (layout) aplikasi kita di smartphone.
  • Sedangkan, MainActivity.java berfungsi sebagai pengontrol dari layout nya.
Untuk memulainya, maka kita pilih build.gradle di side bar sebelah kiri.

5. Kemudian kita tambahkan plugin untuk pdf :
implementation 'com.github.barteksc:android-pdf-viewer: 2.8.1'
kemudian klik Sync Now

6. Kemudian pilih activity_main.xml, dan pilih SPLIT

7. Kemudian hapus baris teks View dan ganti dengan mengetikkan kode Android pdf viewer yang berada di dalam kotak merah seperti pada gambar di bawah ini:

8. Setelah itu, kemudian klik MainActivity.java. dan ketiikan kode dalam kotak merah seperti pada gambar dibawah ini:

9. Langkah selanjutnya adalah membuat folder; ASSET FOLDER. Seperti gambar di bawah ini:

10. Maka akan tampil gambar dibawah ini, Kemudian klik FINISH

11. Kemudian copy-paste file pdf (dari windows explorer) ke folder asset (android studio) yang tadi sudah kita buat

Sampai disini kita sudah berhasil membuat aplikasi pdf viewer di Android Studio.

B. Memasukkan iklan Banner Admob

1. - Pertama buka menu build.gradle
    - kemudian ketikkan: implementation 'com.google.android.gms:play-services-ads:19.4.0'
    - Kemudian klik Sync Now


2. Setelah selesai, kemudian pilih menu activity_main, dan ketikkan kode pada kotak merah seperti gambar di bawah ini. Apabila ada yang berwarna merah maka untuk sementara biarkan.

3. Kemudian pilih STRING di side bar. Kemudian ketikkan kode yang berada di dalam kotak merah, seperti pada gambar di bawah ini:

4. Kemudian kita buka browser dan search Admob banner test ads. Dan kita buka banner test Ads untuk menguji aplikasi kita. Kemudian kita salin (copy) kode banner di point no. 3, seperti pada gambar di bawah ini:

5. Kemudian kita buka kembali menu string, dan paste-kan kode admob test tersebut. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

6. Kemudian kita buka kembali browser kita, dan klik Get Started di side bar. Dan salin (copy) contoh admob ID, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

7. Selanjutnya ketikkan kode seperti pada gambar di bawah (yang berada dalam kotak merah). Dan paste - kan kode Admob App ID test yang sudah kita copy dari website tersebut di atas.

8. Sampai disini kita sudah berhasil memasukkan iklan Admob (tes) ke dalam aplikasi kita.

9. Langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi kita di emulator, dengan menekan tombol play berwarna hijau.

10. Apabila sudah muncul iklan banner di posisi paling bawah, berarti kita sudah berhasil menambahkan iklan admob ke dalam aplikasi kita.

Sampai disini kita sudah berhasil menambahkan iklan Admob (test) pada aplikasi android kita.

Hal yang harus diingat adalah selalu gunakan admob test untuk menjalankan/ataupun menguji aplikasi kita di emulator ataupun di smartphone kita, agar lebih aman. Apabila kita sudah yakin dan siap meluncurkan aplikasi kita ke google play store, tinggal merubah ID IKLAN BANNER dan APP ID di atas menggunakan ID yang sesungguhnya yang berasal dari akun ADMOB kita. Untuk membuat akun admob dan membuat unit iklan banner, silahkan buka menu Admob Untuk Android di aplikasi ini.

Memasukkan Ikon untuk Aplikasi

1. Klik kanan tulisan app di sebelah kiri (side bar) dan pilih Image Asset

2. Apabila kita sudah memiliki gambar ikon yang sudah kita buat sebelumnya, kita tinggal mengklik path dan memilih lokasi tempat gambar kita berada di komputer. Setelah itu kita atur RESIZE untuk menyesuaikan dengan ukuran gambar lingkaran ataupun kotak seperti terlihat pada gambar. Kemudian klik NEXT.

3. Kemudian klik FINISH

4. Maka secara otomatis gambar yang kita masukkan tadi akan berubah menjadi gambar-gambar ikon, yang ukurannya sudah disesuaikan oleh sistem di android studio.

5. Coba jalankan aplikasi di emulator atau smartphone. Apabila sudah muncul ikon, maka kita sudah berhasil memasukkan gambar ikon ke dalam aplikasi kita.

Untuk melihat tutorial dalam bentuk video, silahkan kunjungi kanal youtube FROGLINE COM dengan judul: "Belajar Membuat Aplikasi Android pdf viewer di Android Studio"

Demikianlah postingan tentang Cara Membuat Aplikasi Pdf Viewer di Android Studio plus iklan Admob yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.
itueituiruir

Penelusuran terkait: cara install aplikasi android studio di hp, cara install android studio di linux, cara install android studio di windows 10, cara instal android studio offline, cara instal android studio di ram 2gb, download sdk android studio, cara install sdk android studio, cara instal android studio 32 bit

Posting Komentar untuk "Cara mudah Membuat Aplikasi Pdf Viewer di Android Studio plus iklan Admob"