Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mendaftar Google Play Developer


Halo sahabat Rapatkan.com, pada kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara Mudah Mendaftar Google Play Developer. Mendaftar akun Google Play Developer adalah hal yang wajib dilakukan apabila kita ingin mengupload dan ingin mendistribusikan aplikasi ke Google Play Store.

Sebenarnya cara mendaftar akun Google Play Developer ini sangatlah mudah, bisa menggunakan Kartu Kredit ataupun menggunakan VCC (Virtual Credit Card). Biaya untuk pendaftaran di Google Play Developer sekitar $25, sekali daftar dan dapat dipergunakan untuk selamanya atau sekali seumur hidup. Namun masih banyak yang kebingungan dengan cara mendaftar akun developer untuk mengakses Google Play Console ini, oke tanpa banyak basi basi mari simak saja penjelannya di bawah.

Cara Mendaftar di Google Play Developer Console

1. Syarat pertama harus memiliki akun Google (gmail), kalau belum memiliki segera daftar terlebih dahulu gratis ok.

2. Setelah login ke akun google play console, silahkan masuk ke halaman pendaftaran https://play.google.com /apps/publish/

3. Setelah itu kita akan masuk ke halaman persetujuan dengan perjanjian. Kemudian centang di kotak yang berisi perjanjian, dibaca terlebih dahulu baru dicentang.

Centang kotak kecil dibawah menu "Accept terms" (kotak merah) kemudian klik CONTINUE TO PAYMENT

4. Setelah itu lanjut ke pembayaran pendaftaran. Perlu diketahui bahwa untuk biaya pendaftaran adalah $25 atau bila dirupiahkan dengan kurs saat ini Rp 15.000 maka kita harus menyiapkan dana sekitar Rp 375.000 rupiah. Hal-hal yang penting dalam pembayaran ini adalah sebagai berikut:
  • Siapkan kartu kredit (Credit Card) dan lihat nomor cc nya untuk diisi di kolom "card number". Kalau kita tidak memiki cc, bisa menggunakan virtual kartu kredit (Virtual) atau dengan kartu debit yang menyediakan vcn.
  • Pada kolom "Cardholder name" tuliskan nama sesuai identitas di KTP/SIM/PASPOR.
  • Pada kolom "Billing address" pilih Indonesia
  • Kemudian pilih BUY

5.Bila sudah klik BUY, maka pembayaran otomatis terjadi, bila berhasil akan muncul notifikasi "YOUR PAYMENT IS COMPLETE" dan juga notifikasi melalui email. Bila gagal kemungkinan karena saldo kurang atau kartu kredit kita sudah tidak berlaku.

Maka akan muncul notifikasi bila pembayaran telah berhasil

6. Setelah lanjut ke halaman melengkapi pendaftaran. Kita isi kolom-kolom yang ada yaitu :
  • Developer Name = ditulis nama kita
  • Email Adrress = ditulis alamat email /akun google kita
  • Website = ditulis nama website kita bila memiliki (tidak wajib)
  • Phone Number = ditulis nomor HP kita dengan mengganti angka 0 di depan menjadi +62
  • Email Preferences semua dicentang bila menginginkan.
  • Kemudian klik Complete registration
Isi Semua kolomnya

7. Setelah itu selanjutnya akan menuju ke halaman Verifikasi Identitas dengan KTP/SIM/PASPOR. Ini sifatnya wajib, namun bila pada saat kita mendaftar tadi dengan cara mengaitkan dengan akun google adsense, maka kita tidak perlu verifikasi identitas dan langsung bisa diterima. Jadi pendaftaran google developer tanpa verifikasi identitas bilamana kita sudah memiliki akun google adsense, karena dulu saat daftar adsense juga sudah verifikasi identitas. Bila tanpa verifikasi, maka kita akan lengsung diterima dan masuk ke dasboard Google Play Console dan siap untuk upload aplikasi.
Pendaftaran Berhasil

Sampai disini, kita sudah berhasil membuat akun google developer.

Yang harus diperhatikan dan paling penting adalah membaca dan memahami dengan cermat TOS (Term Of Services) atau aturan kebijakan yang diberlakukan oleh pihak google play developer, jangan sampai kita melanggar karena akan berdampak pada penghapusan akun kita, meskipun kita sudah membayarnya.

Daftar Menggunakan Kartu Kredit

Bagi anda yang sudah memiliki Kartu Kredit saat ini Anda sudah cukup beruntung (selama anda bijak mempergunakannya ), pasalnya kartu kredit ini dapat kita jadikan sebagai Developer. modal untuk membuat akun di Google Play

Untuk memiliki kartu kredit tidak lah mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk dapat memilikinya terutama dalam hal persyaratan teknis yang cukup ketat. Umumnya kita harus memiliki penghasilan tetap / gaji bulanan yang ditunjukkan dengan slip gaji. Oleh karena itu, banyak pula bank yang menerapkan syarat status kepegawaian yang jelas dalam pengajuan kartu kreditnya.

Namun bagi Anda yang bukanlah pekerja, jangan khawatir. Ada beberapa tips mudah yang dapat diaplikasikan agar permohonan pengajuan kartu kredit kita dapat diterima oleh pihak bank penerbit.

Berikut cara-cara yang bisa Anda aplikasikan agar mempermudah pengajuan kartu kredit tanpa status kepegawaian:

#1 Memiliki Tabungan di Bank Terkait

Biasanya kondisi keuangan Anda bisa dicek oleh bank dengan melihat arus kas dalam beberapa bulan terakhir. Melalui alur kas yang tercantum di buku tabungan Anda, maka bank bisa melihat kesehatan keuangan Anda. Apabila keuangan Anda dinilai baik, maka akan lebih mudah pula bank memberikan persetujuan kartu kredit meski tanpa status kepegawaian.

Arus kas yang baik adalah arus kas yang bersifat aktif dan sehat. Dengan melihat pemasukan dan pengeluaran yang rutin dan sehat, maka kondisi keuangan Anda akan dinilai sehat.

Namun biasanya syarat tambahannya yakni tabungan dan seluruh arus kas harus berada dalam bank terkait.

#2 Meminta Bantuan Jasa Lembaga Keuangan atau Perorangan

Bagi Anda yang pengajuannya terus ditolak, Anda bisa mengakalinya dengan meminta bantuan jasa lembaga keuangan maupun perorangan. Jasa yang diberikan adalah pengajuan kartu kredit dengan kemungkinan diterima oleh pihak bank penerbit kartu kredit lebih tinggi. Anda bisa meminta bantuan secara online, misalnya via Line atau WhatsApp, sehingga selain kemungkinan diterimanya besar, Anda juga tidak perlu repot. Selain itu, banyak pula jasa marketing yang memang mencari target nasabah yang mengajukan kartu kredit. Terkadang malah mereka yang akan menghubungi Anda dan menawarkan pengajuan kartu kredit. Para marketing ini umumnya memperoleh komisi dari setiap pengajuan yang diterima bank, sehingga mereka sangat bersemangat dalam mencari calon nasabah.

Daftar Menggunakan VCC (Virtual Credit Card)

VCC adalah singkatan dari Virtual Credit Card merupakan alat pembayaran online sejenis kartu kredit yang diterbitkan bank lokal di Indonesia. Dengan menggunakan VCC kita bisa berbelanja online, verifikasi paypal dan daftar google play developer. Mungkin itu hanya sebagian kecil manfaat dari VCC. Pada intinya VCC ini digunakan sebagai pengganti kartu kredit akan tetapi vcc tidak mempunyai bentuk fisik seperti kartu kredit. Sehingga vcc kebanyakan hanya digunakan untuk kegiatan bisnis online.

Banyak penyedia jasa VCC di internet, pilih yang sudah terverifikasi dan terpercaya. Sebagai bahan referensi kita bisa membeli VCC di vccmurah.net sekitar 395.000 untuk $25. Ketika membeli vcc, kita akan mendapatkan jenis vcc (Master Card atau Visa), nomor vcc, masa aktif vcc dan kode aman vcc. Semisalnya; Visa 1234 5678 9999 9999 Expired 10/19 CVC 435. Data tersebut yang akan kita gunakan ketika mendaftar di google play developer.

Dari dua pilihan cara di atas, saya lebih menyarankan untuk menggunakan VCC, selain mudah cara mendapatkannya dengan membayar sejumlah tertentu kitapun akan terhindar dari masalah-masalah yang akan muncul dikemudian hari berkaitan dengan kepemilikan kartu kredit. Pasalnya bagi sebagian orang kartu kredit ini bagai angin surga, seolah-olah kita memiliki uang dalam jumlah tertentu yang dapat kita pergunakan kapan saja. Padahal kartu kredit ini bersifat pinjaman yang wajib kita bayar apabila kita mempergunakannya, dan bahkan akan dikenakan bunga ataupun denda apabila kita tidak dapat membayarnya tepat waktu. Selain itu, hampir semua kartu kredit memiliki iuran tahunan yang harus di bayar oleh pemegang kartu kredit. - Pertimbangkan dengan matang matang -

Untuk melihat tutorial dalam bentuk video, silahkan kunjungi kanal youtube FROGLINE COM dengan judul: "Cara Mudah membuat Akun Google Play Developer Console - Google Play Store"

Pergunakanlah segala sesuatunya secara proporsional, tepat casaran dan bijaksana terutama penggunaan Kartu Kredit, angan sampai kita terjebak dan terjerumus dilingkaran kartu redit yang pada akhirnya akan menyengsarakan diri kita sendiri.

Demikianlah postingan tentang Cara Mudah Mendaftar Google Play Developer yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik. 

Orang juga sering bertanya : Bagaimana cara membuka akun Google Play? Berapa biaya daftar Google console? Apa itu Google Developer Console? Bagaimana cara upload game ke playstore? Penelusuran terkait : cara daftar developer google play tanpa kartu kredit, cara daftar developer google play tanpa kartu kredit 2020, google play developer console, google play developer gratis, cara daftar google developer dengan jenius, google play developer console free, google developer console, vcc google play developer

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mendaftar Google Play Developer"