Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store


Halo sahabat Rapatkan.com, pada kesempatan kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store.

Bisnis aplikasi Android saat ini merupakan bisnis yang menjanjikan dan menggiurkan. Betapa tidak, hanya dengan bermodalkan jaringan internet, laptop dan mendaftar di google play developer kita sudah bisa membuat sebuah aplikasi android dan mendistribusikannya ke seluruh dunia. Artinya peluang untuk mendapatkan penghasilan akan sangat besar, tergantung kemauan, usaha dan jenis aplikasi yang kita buat.

Banyak developer-developer besar ataupun developer indie yang terus bersaing dan berkembang dalam membuat dan memasarkan aplikasi berkualitas yang sudah mereka buat, dengan harapan akan meraih sukses lewat google play. Bagi kita yang baru belajar ataupun sedang belajar menjadi seorang developer pun memiliki kesempatan yang sama dan memiliki peluang besar dan terbuka luas.

Setelah membuat sebuah aplikasi (apk) dan mendaftarkan akun di google play developer, kita sudah bisa mengupload aplikasi tersebut dan mendistribusikannya di google play developer. Dan memiliki peluang setiap pengguna android untuk mendownload dan mempergunakannya baik secara gratisan ataupun berbayar (bila kita jual), tanpa basa basi lagi mari simak saja di bawah ini caranya.

Berikut tutorial bagi kita yang sudah berhasil membuat sebuah aplikasi dan mendaftarkan akun di Google play Developer, dan ingin menguploadnya di google play store:

Persiapan sebelum upload apk ke playstore :
  • Sudah mendaftar di Google play Developer
  • Memiliki aplikasi dalam format apk
  • Gambar screenshot aplikasi minimal 2 buah.
  • Icon beresolusi 512x512 pixel.
  • Gambar banner beresolusi 1024x500 pixel.
  • Gambar beresolusi 180x120 pixel
  • Tagline dan Deskripsi lengkap aplikasi.
  • Aplikasi tidak melanggar aturan-aturan di Google.
langkah-langkah upload aplikasi di Google Play Developer Console.

1. Buka terlebih dahulu halaman google play console di: https://play.google.com/apps/publish

2. Pilih buat aplikasi di sebelah kanan atas seperti ditunjukkan gambar berikut.

3. Pilih Bahasa default sesuai target negara untuk aplikasi kita. Kemudian isi judul aplikasi di kolom bawahnya. Lalu klik BUAT

4. Kemudian kita akan masuk ke daftar listingan toko, isi kolom-kolom yang wajib untuk diisi.
  • Judul = diisi judul aplikasi
  • Deskripsi singkat = diisi deskripsi singkat tentang aplikasi kita, nanti akan ditampilkan di playstore dibawah judul/gambar aplikasi.
  • Deskripsi lengkap = diisi deskripsi secara lengkap tentang isi aplikasi, baik pembahasan, fitur dan daftar isinya. Semakin lengkap semakin bagus karena seseorang biasanya akan membaca deskripsi lengkap sebelum download.

5. Selanjutnya pada detail produk, kita diminta upload gambar yang telah disiapkan. Upload gambar icon ukuran 512 x 512 PNG 32 bit

6. Selanjutnya upload gambar screenshoot minimal 2 buah ke pilihan ponsel dan tablet seperti pada gambar yang diberi kotak merah berikut.

7. Selanjutnya upload grafis unggulan dengan gambar ukuran 1024 x 500 dan pilih seperti yang terlihat di gambar berikut ini.

8. Selanjutnya pada kategorisasi, ada dua kolom yang harus diisi.
  • Jenis aplikasi = diisi sesuai dengan aplikasi kita, termasuk game atau bukan.
  • Kategori = dipilih sesuai dengan jenis aplikasi kita

9. Selanjutnya pada Detail Kontak, terdapat 3 kolom untuk diisi.
Situs web = diisi situs web kita (tidak wajib)
Email = diisi dengan email kita (wajib)
Ponsel = diisi dengan nomor ponsel kita (tidak wajib)
Jika sudah maka klik Simpan Draft.

10. Jika sudah terisi dengan benar maka tanda centang di sidebar kiri yang sebelumnya mati akan berubah warna menjadi hijau. Nah tugas kita adalah mengubah semua warna centang tersebut menjadi hijau semua sehingga proses rilis dapat dilanjut.

11.Langkah selanjutnya kemudian lihat sidebar kiri dan pilih Rilis Aplikasi. Selanjutnya lihat kolom Track Produksi dan pilih Kelola.

12. Selanjutnya jika kita membuat aplikasi dengan Android Studio atau Unity maka pilih Lanjutkan. Namun bila menggunakan pihak ketiga misalnya Andromo, maka pilih Menyisih. Jika pilih Menyisih, maka akan muncul kotak pop up untuk meyakinkan pilihan kita.

13. Selanjutnya upload file apk kita, dan masukkan nama rilis ke kolom dibawahnya, misalnya nama apk versi 1.0

14. Selanjutnya klik Simpan, dan warna centang di sidebar akan berubah menjadi hijau.

15.Langkah berikutnya kita menuju ke menu Rating Konten di bagian sidebar dan akan masuk kesini pilih Lanjutkan.

16. Selanjutnya kita akan diminta mengisi email dan wajib diisi, jika sudah kemudian pilih kategori aplikasi kita. Berikutnya kita diminta untuk mengisi kuesioner, dijawab sesuai aplikasi kita, paling aman dijawab "tidak" semua. Jika sudah, klik tombol Menghitung Rating, selanjutnya pilih Terapkan Rating.

Proses menentukan Konten Rating bila benar maka gambar centang akan berubah hijau.

17. Langkah berikutnya kita pilih menu Harga dan Distribusi di sidebar. Selanjutnya akan muncul pilihan aplikasi kita berbayar atau gratis untuk download. Kemudian pilih negara yang tersedia.

18. Selanjutnya terdapat pilihan dibawahnya, langsung saja pilih 2 poin dari bawah yaitu Pedoman Konten dan Undang-undang Eksport AS, Kemudian klik Simpan Draft. Jika sudah, maka tanda centang di sidebar akan berubah menjadi hijau.

19. Langkah berikutnya pilih Konten Aplikasi di sidebar. Kemudian kita akan menemui beberapa hal untuk diisi.

Pertama kita pilih Kebijakan Privasi dan berikutnya isi kolom dengan link Privacy Policy yang telah kita buat.

20. Selanjutnya kembali ke halaman Konten Aplikasi dan pilih Iklan klik tombol Mulai. Pilih apakah aplikasi kita berisi iklan atau tidak, kemudian klik Simpan.

21. Jika sudah kemudian kembali ke halaman Konten Aplikasi dan pilih Akses Aplikasi. Apabila tidak ada fitur login ataupun autentifikasi lainnya, pilih yang paling atas. Seperti gambar di bawah ini:

22. Jika sudah kemudian kembali ke halaman Konten Aplikasi dan pilih Target Audiens dan Konten klik tombol Mulai. Kemudian pilih usia target, misalnya seperti gambar berikut.

23. Kemudian klik Berikutnya, dan muncul seperti gambar dibawah ini, misalnya pilih Tidak, dan klik Berikutnya.

24. Selanjutnya muncul gambar seperti ini dan klik Simpan.

25. Untuk pengisian Konten Aplikasi sudah selesai, kemudian kita kembali pilih menu Rilis Aplikasi, dan pilih EDIT RILIS.

26. Setelah itu klik Tinjau dan kemudian klik Mulai Peluncuran Produksi.

Jika sudah, berarti semua langkah-langkah cara upload aplikasi di google play telah selesai. Aplikasi yang kita upload tidak akan langsung terpublikasi di playstore karena harus menunggu direview tim google play developer terlebih dahulu. Saat ini waktu untuk review aplikasi bisa sampai 7 hari bahkan lebih. Terkadang 4 hari sudah terpublikasi. Untuk upload berikutnya biasanya lebih cepat lagi.

Untuk melihat tutorial dalam bentuk video, silahkan kunjungi kanal youtube FROGLINE COM dengan judul: "Cara Upload Aplikasi ke Google Play Store Terbaru"

Demikianlah postingan tentang Cara mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

Orang juga bertanya : Berapa biaya upload aplikasi ke playstore? Bagaimana cara membuat aplikasi Play Store? Google Play console untuk apa? Apakah membuat aplikasi berbayar? Penelusuran terkait : upload aplikasi ke playstore gratis, google play console, cara upload apk ke playstore 2021, google play console gratis, cara upload aplikasi ke playstore 2020, jasa upload aplikasi ke playstore, cara upload aplikasi ke playstore tanpa kartu kredit

Posting Komentar untuk "Cara mudah Upload Aplikasi ke Google Play Store"