Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMANFAATKAN INTERNET DENGAN BIJAK mendapatkan uang di internet


Tidak bisa di pungkiri Semakin hari semakin banyak orang yang bersentuhan dengan internet, baik untuk mencari informasi, bersosialisasi ataupun sekedar mencari hiburan semata. Daya magnet internet yang didukung dengan kemudahan aksesibilitasnya telah menghipnotis jutaan bahkan miliaran manusia, dari muda sampai tua, dari kota sampai ke pedesaan, bahkan dari mulai bangun tidur sampai saat akan tidur kembali orang tidak terlepas dengan pekerjaanya yang terkoneksi dengan internet terutama smartphone.

Bijaklah dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini, terutama teknologi internet, karena Internet bagaikan pisau yang memiliki dua sisi dan ujung yang tajam, dia akan menjadi berbahaya bagi penggunanya dan bahkan bagi orang lain, kalau penggunanya tidak mampu mengendalikan menggunakannya dengan baik. Atau Pun sebaliknya, internet akan sangat bermanfaat baik untuk dirinya sendiri ataupun orang lain manakala keberadaan internet ini mampu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. PILIHAN ADA DI TANGAN ANDA

MEMANFAATKAN INTERNET UNTUK MENDAPATKAN PENGHASILAN

Di dalam artikel ini, kita akan belajar banyak hal berkaitan dengan Cara mendapatkan uang dari Internet. Dari cara yang paling mudah untuk dilakukan dan dengan biaya GRATIS sampai dengan cara yang cukup rumit dan harus mengeluarkan sejumlah modal. Untuk bisa mendapatkan uang di internet secara gratisan kita akan memanfaatkan produk-produk dari Google, diantaranya: GOOGLE ADSENSE baik di Youtube dan di blogger, ataupun kita dapat memanfaatkan GOOGLE ADMOB didalam aplikasi yang sudah kita buat sendiri atau aplikasi yang bisa kita dapatkan dengan cara membelinya dari developer lain.

Dan kemudian kita dapat mempublikasikannya di google play store dengan mendaftar terlebih dahulu di google play developer dan membayar seharga $25 satu kali untuk selama-lamanya, atau sekitar Rp. 360.000 (dengan kurs Rupiah Rp.14,400/dollar).

Petunjuk Teknis

Langkah-langkah untuk mempelajari modul pada artikel ini sangatlah mudah. Mulai dari membaca PENGANTAR ini sebagai pembuka awal yang disertai dengan langkah-langkah teknis yang harus dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan membuat EMAIL sebagai kelengkapan wajib yang harus diikuti, kemudian tinggal mendaftar di produk-produk google lainnya yang dapat kita monetisasi (upaya untuk mendapatkan uang) yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan kita.

Gambar matrikulasi Pemanfaatn produk-produk google

Dari gambar diatas kita bisa melihat bahwa semua produk-produk google seperti; Blogger, Youtube, Adsense, admob dan play store semuanya terkoneksi dan membutuhkan Gmail Google Mail). Artinya Untuk dapat menggunakan produk-produk google dan memonetisasinya (menghasilkan uang dari produk-produk tersebut) kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan akun gmail (google mail), bisa menggunakan gmail yang sudah ada ataupun membuat akun gmail yang baru.

Untuk mengetahui bagaimana cara memonetisasi (menghasilkan uang) blog, youtube, ataupun aplikasi android silahkan simak artikel ini berdasarkan judul didalam blog Rapatkan.com ini.

Cara mendapatkan uang di internet dengan Cara gratisan

Dari gambar di atas kita bisa melihat kolom disebelah kiri (Blogger, Adsense, youtube), itu merupakan kolom untuk mendapatkan uang di internet dengan cara gratisan. Maksud dari cara gratisan disini adalah bahwa untuk mendaftar di Blogger, Adsense dan youtube kita tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Sebenarnya tidak sepenuhnya gratisan, faktanya kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli paket internet dan kita harus memiliki alat seperti Smartphone dan komputer atau laptop yang digunakan untuk mengakses internet tersebut dan tentu saja semua itu tidak dapat diperoleh dengan gratis. Google AdSense merupakan salah satu produk dari google yang saat ini khusus digunakan untuk memonetisasi Blog dan Youtube.

Langkah mudah untuk memulainya:

1. Kita diharuskan memiliki akun email di gmail. Silahkan membuatnya terlebih dahulu jika belum memilikinya

2. Untuk mendapatkan akun GOOGLE ADSENSE dengan mudah, kita bisa mendaftarkannya lewat youtube dengan cara mengupload beberapa video ke youtube. Catatan: Update terbaru YouTube pada Januari 2018; Agar Channel bisa diaktifkan monetisasi YouTube nya kita diharuskan mengumpulkan 1.000 subscriber dan telah memperoleh tayangan sebanyak 4.000 Jam total penayangan selama satu minggu untuk mendapatkan review dari GOOGLE ADSENSE, apakah nantinya aplikasi kita diterima atau di tolak pihak GOOGLE ADSENSE. Untuk mendapatkan pengunjung sebanyak 10.000 dalam tempo waktu yang singkat, kita bisa membagikan video kita di medsos maksudnya media sosial seperti facebook dll atau melaui blog yang kita miliki.

3. Atau cara lain untuk mendaftar GOOGLE ADSENSE adalah dengan cara membuat blog gratisan di blogger.com. Tapi cara ini cukup sulit, karena dipersyaratkan untuk memiliki pengunjung blog yang cukup besar, sekitar 200 sampai 500 per hari, dan diusahakan didaftarkan atau dipasang untuk google adsense setelah blog berumur 3 sampai 6 bulan.

4. Apabila kita sudah memiliki akun GOOGLE ADSENSE, kita bisa memasangnya di youtube dan di blogger milik kita.

Lihat: cara memasang google adsense di blogger.
Lihat: cara memasang google adsense di youtube.

5. Apabila kita sudah memiliki akun Google Adsense, baca dan perhatikan TOS (Term of Service) dari pihak Google Adsense, jangan pernah sekali-kali melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan TOS Google Adsense sebab hal ini akan mengakibatkan akun kita di suspend (di non aktifkan sementara) atau bahkan di banned (di non aktifkan secara permanen) tergantung seberapa berat pelanggaran kita.

Cara mendapatkan uang di internet dengan Cara mengeluarkan sedikit modal

Dari gambar di atas, bisa kita perhatikan di kolom sebelah kanan. Terdapat tiga icon yaitu; admob, aplikasi dan playstore.

1. Admob bersifat gratis dan lebih mudah cara pendaftarannya. Pada saat mendaftar Admob kita hanya membutuhkan akun gmail. Dan pendaftarannya bisa dilakukan tanpa harus mendaftar blogger atau youtube terlebih dahulu tidak sama dengan pada saat mendaftar Adsense dengan berbagai kriteria persyaratan yang cukup rumit. Untuk Membuat akun ADMOB, lihat petunjuk teknis pendaftaran AdMob, di menu ADMOB.

2. Membuat aplikasi untuk android. Bisa menggunakan tools atau software yang berbayar ataupun mempergunakan fasilitas yang gratisan baik secara online ataupun offline. Sebagai tahap awal, kita bisa membuat aplikasi yang sederhana dan mudah tanpa harus menggunakan coding. Bisa menggunakan fasilitas/ tools yang ada di internet seperti AppGeyser, thunkabble, Andromo, App Inventor dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk tahap yang lebih expert kita bisa menggunakan software atau tools yang cukup rumit dan harus menggunakan coding, seperti: Android Studio, Xamarin, dan masih banyak software gratisan lainnya.

3. Mendaftar di google playstore developer console dengan menyediakan modal kurang lebih sebesar Rp. 365.000 ($25) hanya untuk sekali daftar dan kita bisa menggunakannya untuk selamanya juga kita bisa mengupload aplikasi di google playstore sebanyak-banyaknya. Pada saat mendaftar dipersyaratkan harus menggunakan kartu kredit, tapi hal ini tidak wajib karena bisa menggunakan fasilitas lain untuk mendaftar disana seperti menggunakan VCC (Virtual Credit Card). Setelah kita membuat aplikasi yang sudah dipasang iklan dari google AdMob, langkah selanjutnya adalah mempublikasikannya ke google play store, agar mudah bagi orang lain untuk menemukan dan memasangnya di android mereka.

Sampai disini kita sudah bisa mulai mendulang dollar dari aplikasi yang sudah kita buat.

Pada dasarnya semua orang bisa melakukannya, termasuk orang awam sekalipun asalkan ada kemauan dan usaha untuk belajar dan mencobanya disertai dengan kesabaran didalam menjalani prosesnya. Urusan besaran hasil bukan urusan kita, tugas kita hanya berusaha dengan maksimal dan berdoa. Tidak ada sesuatu yang instan ... membuat mie instan aja membutuhkan usaha dan proses

Cara-cara monetisasi diatas pernah saya lakukan, dan terbukti menghasilkan. Namun dari ketiga produk google (Blogger, Youtube dan Aplikasi android) yang penghasilannya cukup besar saat ini adalah dari membuat aplikasi untuk android.

Bahkan tidak sedikit orang-orang yang sudah terlebih dahulu berhasil dan sukses di tiga bidang garapan ini. Bagi kita yang masih bekerja secara formal dan terikat di sebuah perusahaan, kegiatan ini bisa dlakukan di saat-saat waktu luang kita. Tidak sedikit pula orang-orang yang menjadikan bisnis ini sebagai lahan mata pencaharian utama, kenapa tidak, jika pada kenyataannya mereka mampu menghasilkan puluhan atau bahkan ratusan juta Rupiah setiap bulannya mengalahkan gaji bulanan seorang PNS.

Pada akhirnya kita harus belajar lebih fokus lagi pada satu bidang saja agar pencapaian hasilnya bisa lebih maksimal.

Berikut saya sertakan screenshoot penghasilan dari Adsense/ Admob periode 1 Maret - 10 Maret 2018, sebagai bukti.

Penelusuran terkait: Poster menggunakan internet dengan bijak, Cara menggunakan internet dengan baik, Cara yang bijak saat menggunakan internet adalah brainly, Penggunaan internet dengan cerdas dan bijak, Bagaimana cara memanfaatkan internet agar dapat memberikan pengaruh positif, Bagaimana cara menggunakan internet yang baik brainly, Menggunakan internet dengan bijak baik dan bertanggung jawab, Apa saja yang harus Anda lakukan ketika menggunakan internet

Posting Komentar untuk "MEMANFAATKAN INTERNET DENGAN BIJAK mendapatkan uang di internet"