Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEWASPADAI TIPU DAYA SETAN - Khutbah Jumat


Mengamati berita yang tersiar melalui media massa baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun media elektronik semacam radio, televisi mamupun internet, sering kali kita lihat dan kita dengar sejumlah kasus yang dilakukan oleh orang yang beragama islam, seperti kita ini. Setiap saat sering kita saksikan pejabat, pegawai negeri, pengusaha, akademisi, pelajar maupun warga masyarakat bisa tersangkut kasus-kasus hukum yang berat. Sederet kasus-kasus besar tersebut mulai dar penyalahgunaan narkoba, korupsi, perselingkuhan, pertengakaran pelajar, pembunuhan, perjudian seta penipuan. Kasus-kasus tersebut turut mencoreng nama baik islam, karena dilakukan oleh orang yang beragama Islam, yaitu agama kita. Dengan kata lain, pelanggaran atau kejahatan tersebut dilakukan oleh saudara kita seagama. Sehingga kita sedikit atau banyak turut menanggung malu atau citra buruk.

Kita patut prihatin atas hal tersebut. Mereka yang telah terbujuk tipu daya setan. Oleh karena kita jangan sampai ikut terperosok. itu Maksudnya adalah mengambil pelajaran dari hal tersebut, selajutnya mewaspadainya agar di masa-masa mendatang bisa menghindarinya. Jangan sampai mereka yang telah Oleh karena itu melalui khutbah ini kita mengajak kepada diri khatib sendiri serta jamaah jumah untuk mewaspadai tipu daya setan.

قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ
ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَقَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُومًا مَدْحُورًا لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ لأمْلأنَّ جَهَنَّمَ مِنْكُمْ أَجْمَعِينَ

Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). Allah berfirman: "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barang siapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahanam dengan kamu semuanya".

Kisah tragedi perang uhud.

وَإِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ أَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَإِنِّي جَارٌ لَكُمْ فَلَمَّا تَرَاءَتِ الْفِئَتَانِ نَكَصَ عَلَى عَقِبَيْهِ وَقَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكُمْ إِنِّي أَرَى مَا لا تَرَوْنَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَاللَّهُ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Setan menghiasi dan mengelabuhi manusia itu sehingga mereka memandang baik perbuatan mereka, dan setan membisikkan: "Kalian akan menang, dan sesungguhnya saya ini adalah pelindungmu". Maka tatkala kedua pasukan itu telah dapat saling lihat melihat (berhadapan), setan itu balik ke belakang seraya berkata: "Sesungguhnya saya berlepas diri dari pada kamu; sesungguhnya saya dapat melihat apa yang kamu sekalian tidak dapat melihat; sesungguhnya saya takut kepada Allah". Dan Allah sangat keras siksa-Nya.

✅ Bila tersirat di hatimu untuk berjudi, itu rayuan setan
✅ Bila tersirat di hatimu ingin berzina, itu nyanyian setan
✅ Bila tersirat di hatimu ingin mencuri, itu nyanyian setan

Mewaspadai Pintu Masuk Setan
Oleh H. ZulhamdiM. Saad, Lc

الحمد لله غافر الذنب وقابل التوب شديد العقاب، ذي الطول لا إله إلا هو إليه المصير. وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، شهادة معترف بالذنب والتقصير، سائل العفو والزلفى وحسن المآب يوم المصير. وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله وأمينه على وحيه خير بشير، وأشفق نذير. اللهم صل وسلم على عبدك ورسولك محمد وعلى آله وأصحابه، نعم الصحب له، ونعم القدوة لمن طلب الفوز والنجاة في يوم عسير. أما بعد: فيا أيها المسلمون اتقوا الله تعالى في السر و العلن ، يا أيها الذين آمنوا اتقو الله حق تقاته و لا تموتن إلا و أنتم مسلمون.

Hadirin Jamaah sholat Jumat yang dirahmati Allah.

Marilah pada kesempatan jumat ini, kita kembali berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Takwa yang terlahir dari pemahaman yang benar dan ketundukan yang ikhlas, sehingga setiap kewajiban yang dilakukan dan setiap larangan yang ditinggalkan tidaklah dilakukan kecuali semakin menguatkan dan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah serta melahirkan nilai-nilai mulia dalam kehidupan. Suatu perbutan dan amal kebajikan yang terlahir dari ketakwaan akan memberikan manfaat yang besar dalam kehidupan.

Hadirin yang dimuliakan Allah.

Sesungguhnya setiap detik dari hidup kita, setiap hembusan nafas, setiap pikiran yang tersirat, setiap amal perbuatan yang kita kerjakan, tidak akan pernah lepas dari upaya setan untuk menggoda, menyesatkan, menyelewengkan dari tujuan yang benar dan menggiring kepada dosa dan maksiat. Kita mungkin tidak menyadari dan memang tanpa kita sadari, setan terus berupaya menenggelamkan, menghanyutkan kita agar semakin jauh dari jalan yang benar, meninggalkan ketaatan secara perlahan dan halus, tanpa terasa oleh kita. Dan itulah tugas utama setan dan iblis, sebagai mana ia telah terusir dari surga dan terjauhkan dari rahmat Allah maka diapun ingin menjauhkan manusia dari rahmat Allah dan kemudian sesat bersamanya. Begitulah ungkapan setan ketika mendapatkan laknat Allah:

قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ (77) وَإِنَّ عَلَيْكَ لَعْنَتِي إِلَى يَوْمِ الدِّينِ (78) قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (79)قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ (80) إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ (81) قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (82) إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ (83)

Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah makhluk yang terkutuk, Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan." Iblis berkata: "Ya Tuhanku, berilah penangguhan kepadaku sampai hari mereka dibangkitkan." Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk yang diberi penangguhan, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari Kiamat)." Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka. (QS. Shad: 77-83)

Hadirin sidang jumat yg berbahagia.

Menyadari ini semua, bahwa keberadaan kita di dunia ini, tidak akan pernah lepas sedikitpun dari upaya setan untuk mempengaruhi kita, merayu, melalaikan kita dengan apapun, bahkan mereka mampu masuk bersama aliran darah kita, dengan hanya satu tujuan mengumpulkan manusia sebanyak-banyaknya untuk bersama-sama sesat dan menghuni neraka jahanam. Mengetahui tipu daya setan dan iblis dalam menyesatkan manusia, serta mengetahui cara menghadapi tipu daya tersebut menjadi penting untuk kita sama-sama kita ketahui sehingga kita mampu terhindar dari tipu daya tersebut.

Di antara pintu-pintu dan metode setan menyesatkan manusia yang perlu kita waspadai adalah:

1. Pintu Syubhat dan Syahwat

Syubhat berarti suatu yang meragukan dan samar-samar, sedangkan syahwat adalah dorongan hawa nafsu, maka dari sinilah setan akan semakin kuat menggoda, kemudian setan menghembuskan bisikan dan rayuannya. Setan akan yang terus membujuk sehingga seakan membuat hati menjadi tenang untuk melakukan hal perbuatan tersebut. Bahkan setan telah menghembuskan syubhat dan syahwat ini itu sejak awal permusuhan dengan Nabi Adam, setan telah melakukan langkah-langkah kejinya untuk menggelincirkan anak keturunan adam agar tidak mentaati perintah Allah.

Mari kita perhatikan ucapan setan, dengan tipu dayanya di dalam firman Allah berikut:

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مِنْ سَوْءَاتِهِمَاوَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ إِلاَّ أَنْتَكُوناَ مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُوناَ مِنَ الْخَالِدِينَ. وَقَاسَمَهُمَاإِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِينَ. فَدَلاَّهُمَا بِغُرُورٍ.

"Maka setan menggoda mereka berdua untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka, yaitu auratnya, dan setan berkata, "Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)". Dan dia (setan) bersumpah kepada keduanya,"Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasihat kepada kamu berdua,' maka setan membujuk keduanya dengan tipu daya." [Al-A'râf/7:20-22]

Dari ayat ini dapat dipetik satu pelajaran penting bahwa setan mempermainkan kecenderungan manusia yang tersembunyi, manusia ingin kekal, diberi umur yang panjang, manusia juga ingin memiliki kepemilikan harta yang tak terbatas padahal usia mereka pendek dan terbatas.

Dalam ayat ini diketahui bahwa tipuan yang digunakan oleh setan adalah: “An takuunaa malakaini au takuunaa minal khalidin.”

Dalam penjelasan ayat ini, kata malakaini ada dua bacaan yang dapat dijadikan pengertian untuk memahamai maksud dari ayat ini. Bacaan pertama adalah: malikaini yaitu huruf lam dibaca kasroh yang berarti dua orang raja, yakni raja dan ratu, bacaan ini dikuatkan oleh nash lain dalam surat Thaaha: “Maukah aku tunjukan kepada kalian berdua, kepada pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan punah”. (QS. Thaha: 120)

Atas dasar bacaan ini, maka tipuan setan ini adalah kekuasaan yang abadi dan umur yang kekal. Keduanya merupakan syahwat atau kecenderungan yang paling kuat dalam diri manusia, selain syahwat terhadap lawan jenis, yang banyaknya kita dengar bersama berbagai macam kasus dan skandal terjadi, ini membuktikan bahwa setan sudah banyak berhasil dalam menyesatkan manusia.

Bacaan kedua adalah malakaini, huruf lam dibaca fathah yang berarti dua malaikat, maka manupulasi setan itu adalah dengan melepaskan manusia dari ikatan-ikatan fisik seperti malaikat yang kekal.

Ketika Iblis ini mengetahui bahwa Allah melarang Adam dan Hawa memakan buah ini, dan larangan ini terasa berat dalam jiwa mereka, maka untuk menggoyang hati mereka, iblis menimbulkan khayalan dan angan-angan kepada mereka, di samping juga mempermainkan syahwat dan keinginan mereka. Bahkan iblis memperkuat dengan sumpah bahwa ia adalah pemberi nasehat yang berlaku jujur.

Hadirin siding sholat jumat yang dimuliakan Allah.

2. Al-Hirsh wal Hasad

Menurut Imam Al-Ghazali, diantara pintu-pintu setan yang sangat besar adalah al-hirsh atau tamak dan hasad, yaitu kedengkian. Rasa tamak dan sifat hasad ini menjadi salah satu pintu yang menyebabkan setan bisa masuk ke dalam pikiran dan jiwa manusia kemudian setan menguasainya. Ketika setan sudah mampu menguasai jiwa, maka itu pertanda akan membawa pada kebinasaan.

Imam Abu Dawud dalam Kitab Sunnan-nya menyebutkan sebuah riwayat. Ketika Nabi Nuh ‘Alaihissalam menaiki perahu, dan memasukkan ke dalam perahu itu berbagai makhluk secara berpasang-pasangan, tiba-tiba beliau melihat seorang tua yang tidak dikenal. Orang itu tidak memiliki pasangan. Nabi Nuh ‘Alaihissalam bertanya, “Untuk apa kamu masuk kemari?” Orang itu menjawab, “Aku masuk kemari untuk mempengaruhi sahabat-sahabatmu supaya hati mereka bersamaku, sementara tubuh mereka bersamamu.” Orang tua itu adalah setan.

Lalu, Nabi Nuh ‘Alaihissalam berkata, “Keluarlah kamu dari sini, hai musuh Allah! Kamu terkutuk!” Iblis itu kemudian berkata kepada Nabi Nuh, “Ada lima hal yang dengan kelimanya aku membinasakan manusia. Akan kuberitahukan yang tiga, dan kusembunyikan yang dua.” Allah mewahyukan kepada Nabi Nuh: “Katakan, aku tidak membutuhkan yang tiga. Aku membutuhkan yang dua.” Lalu Nuh bertanya, “Apa yang dua itu?” Iblis menjawab, “Dua hal yang membinasakan manusia adalah ketamakkan dan kedengkian. Karena kedengkian inilah, aku dilaknat sehingga menjadi terkutuk. Karena dorongan ketamakkan itu pula, Adam dan Hawa tergoda untuk menuruti keinginannya.”

3. Memandang kecil dan meremehkan dosa-dosa kecil.

Dosa-dosa kecil dampaknya sangat berbahaya bagi manusia, seorang yang menganggap kecil suatu perbuatan dosa maka dengan demikian setan akan selalu menjadikan orang tersebut meremehkan dosa-dosa kecilnya, sehingga dia akan terus menerus melakukannya dan dosa itu akan membinasakannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan umatnya, tentang dosa-dosa kecil dengan sabdanya,

إِيَّاكُمْ وَمُحَقَّرَاتِ الذُّنُوبِوَإِنَّ مُحَقَّرَاتِ الذُّنُوبِ مَتَى يُؤْخَذْ بِهَا صَاحِبُهَا تُهْلِكْهُ.

Jauhilah dosa-dosa dan sesuatu yang dianggap dosa kecil, karena dosa-dosa kecil itu ketika dilakukan seseorang maka ia akan membinasakannya. (HR. Ahmad, no. 23194)

Hadirin yang dimuliakan Allah.

Tentu ketika kita mengetahui pintu-pintu masuknya setan ini, Allah Subhanhu wa Ta'ala dengan rahmat-Nya memberikan petunjuk kepada para hamba-Nya melalui Al-Quran dan melalui lisan Rasul-Nya Shallallahu 'alaihi wa sallam, untuk menghadapi dan mengusir setiap bisikan dan godaan setan tersebut. Di antara hal-hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari tipu daya setan dan kawanannya adalah sebagai berikut:

Pertama: Menjaga keikhlasan dalam setiap amal ibadah dan perbuatan.

Setiap ibadah ataupun amal perbuatan yang dilakukan oleh hamba Allah, pasti setan akan berupaya menyimpangkan amal tersebut agar tidak dilakukan dengan ikhlas, setan akan berupaya keras agar amal itu tidak bernilai di hadapan Allah, bahkan perbuatan itu menjadi amalan yang riya dan syirik. Karena ini sudah merupakan janjinya kepada Allah.

Hamba-hamba yang ikhlas akan dijaga dan diselamatkan dari gangguan setan. Allah yang menyatakan pengakuan setan tersebut dalam firman-Nya:


قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِوَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَإِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُالْمُخْلَصِينَ

"Iblis berkata, "Ya Rabb-ku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang ikhlash di antara mereka." [Al-Hijr/15:39-40].

Dalam ayat yang lain disebutkan:

قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَإِلَّا عِبَادَكَمِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

"Iblis menjawab, "Demi kekuasaan-Mu, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka." [Shâd/38:82-83].

Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menjamin bahwa seorang yang mampu menjaga keikhlasannya dalam beramal, setan tidak punya kemampuan dalam menggodanya,


إِنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ إِلَّا مَنِ اتَّبَعَكَمِنَ الْغَاوِينَ

"Sesungguhnya hamba-hamba-Ku yang ikhlas tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka, kecuali orang-orang yang mengikuti kamu, yaitu orang-orang yang sesat". [Al-Hijr/15:42].

Kedua : Menjaga Kestabilan kondisi Iman.

Setan selalu berupaya untuk menggoda dan melemahkan iman seseorang dengan berbagai macam carannya, baik itu kelalaian ataupun perbuatan maksiat. Dengan kemaksiatan, keimanan seseorang akan semakin menurun sehingga dengan mudah setan akan mencelakakan seorang tersebut sehingga ia melakukan perbuatan dosa.

Sesungguhnya seluruh kekuatan, kekuasaan, kesempurnaan hanyalah milik Allah. Oleh karena itu, seorang hamba yang ditolong dan dilindungi Allah dengan menjaga kondisi imannya dengan amal ibadah yang kontinyu, maka tidak ada satu makhlukpun yang mampu mencelakakannya. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberitakan hal ini di dalam Al-Quran, sebagaimana firmannya:


إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَلَىرَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَإِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَيَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ

"Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabb-nya. Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah".[An Nahl : 99, 100].

Ketiga: Berlindung Kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Untuk menghadapi setan dan terhindar dari godaannya, kita dianjurkan bahkan diperintahkan oleh Allah untuk senantiasa berlindung kepadanya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِإِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

"Dan jika kamu digoda oleh setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". [Al-A'râf/7:200].

Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim disebutkan:

أن أبا هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم « يأتي الشيطان أحدكم فيقول من خلق كذا وكذا؟ حتى يقول له من خلق ربك ؟ فإذا بلغ ذلك فليستعذ بالله ولينته » . وعند أبي داود ( 4722 ) « فإذا قالوا ذلك فقولوا الله أحد الله الصمد لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد . ثم ليتفل عن يساره ثلاثا وليستعذ من الشيطان»

Abu Hurairah berkata, Rosulullah bersabda: “Setan datang kepada salah seorang dari kalian lalu berkata, siapakah yang menciptakan ini dan ini? Sehingga setan berkata, “siapakah yang menciptakan Tuhanmu, maka apabila jika telah sampai kepadanya hal tersebut, hendaklah dia berlindung kepada Allah dan hendaklah dia menghentikan (waswas tersebut)".

Sedangkan dalam riwayat Abu Dawud disebutkan:

"Jika mereka mengucapkan hal itu (kalimat-kalimat was-was), maka ucapkanlah "Allah itu Maha Esa, Allah itu tempat bergantung, Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan," kemudian meludahlah ke kiri (3x) dan berlindunglah kepada Allah".

4. Memperbanyak membaca Al-Quran dan memperkuat dzikrullah.

Al-Quran dan dzikrullah merupakan benteng yang kokoh yang dapat melindungi diri dari godaan dan gangguan setan dan membuatnya lari tunggang langgang, sebagaimana sabda Rosulullah:

أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ قَالَ لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَيَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

"Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, janganlah kamu menjadikan rumah-rumah kamu sebagai kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah di dalamnya". (HR Muslim, no. 780).

Dalam sabda yang lain disebutkan:

عَنْ الْحَارِثِ الْأَشْعَرِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ أَمَرَ يَحْيَى بْنَ زَكَرِيَّا بِخَمْسِكَلِمَاتٍ أَنْ يَعْمَلَ بِهَا وَيَأْمُرَ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنْيَعْمَلُوا بِهَا...وَآمُرُكُمْ أَنْ تَذْكُرُوا اللَّهَ فَإِنَّ مَثَلَذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ خَرَجَ الْعَدُوُّ فِي أَثَرِهِ سِرَاعًا حَتَّىإِذَا أَتَى عَلَى حِصْنٍ حَصِينٍ فَأَحْرَزَ نَفْسَهُ مِنْهُمْ كَذَلِكَالْعَبْدُ لَا يُحْرِزُ نَفْسَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ إِلَّا بِذِكْرِاللَّهِ.

Dari Al-Harits Al-Asy’ari, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah memerintahkan Yahya bin Zakaria Alaihissallam dengan lima kalimat, agar beliau mengamalkannya dan memerintahkan Bani Israil agar mereka mengamalkannya (di antaranya): Aku perintahkan kamu untuk dzikrullah. Sesungguhnya perumpamaan itu seperti perumpamaan seorang laki-laki yang dikejar oleh musuhnya dengan cepat, sehingga apabila dia telah mendatangi benteng yang kokoh, kemudian dia menyelamatkan dirinya dari mereka (dengan berlindung di dalam benteng tersebut). Demikianlah seorang hamba tidak akan dapat melindungi dirinya dari setan, kecuali dengan dzikrullah". (HR Ahmad)

5. Menyelisihi Setan dari setiap perbuatannya.

Setan adalah musuh manusia, maka wajib pula untuk menjadikannya sebagai musuh, dan membenci serta meninggalkan perbuatannya. Sebagaimana firman Allah:

إِنَّالشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُواحِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

"Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala". (Fathir : 5, ).

Diantara perbuatan setan yang harus diselisihi adalah:

Pertama: Perbuatan mubadzir atau pemborosan. Allah berfirman:

وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا (26)إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا (27)

“Dan janganlah kamu melakukan perbuatan mubadzir, sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. (QS. Al-Isro :26-27)

Kedua: Makan dan minum dengan tangan kiri. Rosulullah bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «لاَ يَأْكُلْ أَحَدُكُمْ بِشِمَالِهِ وَلاَ يَشْرَبْ بِشِمَالِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ»

Dari Abdullah bin Umar, Nabi sallahu ‘alaihi wasallah bersabda: “Janganlah salah seorang diantara kalian makan dan minum dengan tangan kirinya, sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya”. (HR. Tirmidzi)

Ketiga: Tergesa-gesa dalam pekerjaan. Rosulullah bersabda:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « الْعَجَلَةُ مِنْ الشَّيْطَانِ» أَخْرَجَهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : حَسَنٌ .

Dari Sahl bin Said, Rosulullah bersabda: “Tergesa-gesa itu dari perbuatan setan”. (HR. Tirmidzi)

Hadirin yang berbahagia.

Demikianlah khutbah singkat ini, semoga kita mampu membentengi diri kita dalam menghadapi permusuhan dan tipu daya setan yang selalu menyesatkan langkah kita menuju keridhoaan dan surga Allah subhanahu wa ta’ala.

بلرك الله لي ولكم في القرآن الكريم و نفعني و إياكم بما فيه من الأيات و الذكر الحكيم ، أقول قولي هذا و استغفر الله العظيم لي و لكم فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم.

Demikianlah postingan tentang MEWASPADAI TIPU DAYA SETAN yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanf at dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

source :zee.gl/SBMR7 moderator: bangrizkyw Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on 01 Desember 2014. Dilihat: 9970 Khutbah Jumat Oleh : H. Zulhamdi M. Saad, Lc Penelusuran terkait: tipu daya setan kepada manusiaayat al-qur'an tentang setansesungguhnya tipu daya setan itu sangatlahtipu daya jin dan setantipu daya setan menyesatkan manusiatipu daya syaitantipu daya iblis, tipu daya setan lemah, tipu daya setan dalam al quran, tipu daya setan kepada manusia, tipu daya setan di bulan ramadhan, tipu daya setan menyesatkan manusia, tipu daya setan adalah, tipu daya setan di media sosial, tipu daya setan itu sangatlah, tipu daya setan adalah lemah, macam macam tipu daya setan, ayat tipu daya setan, contoh tipu daya setan, cara menghindari tipu daya setan, ceramah tentang tipu daya setan, cara mengatasi tipu daya setan, cara menghadapi tipu daya setan, tipu daya jin dan setan, dalil tipu daya setan, jelaskan yang dimaksud tipu daya setan, menyelamatkan hati dari tipu daya setan pdf, film kuasa ilahi tipu daya setan, hadist tipu daya setan, hadits tentang tipu daya setan, khutbah jumat tipu daya setan, kuasa ilahi tipu daya setan, kata kata tipu daya setan, tipu daya setan menurut islam, mengenal tipu daya setan, melawan tipu daya setan, macam tipu daya setan, sesungguh nya tipu daya setan itu sangatlah, tipu daya setan pdf, pengertian tipu daya setan, sesungguhnya tipu daya setan itu sangatlah, sesungguhnya tipu daya setan itu lemah, tentang tipu daya setan, ayat tentang tipu daya setan, sesungguhnya tipu daya setan itu sangatlah titik-titik, tipu daya syaitan, 7 tipu daya syaitan. Penelusuran terkait juga : khutbah jumat lengkapteks khutbah jumat yang membuat jamaahnya menangiskhutbah jumat pdfkhutbah jumat 2021materi khutbah jumat singkatkhutbah jumat 2021 singkat padatkhutbah jumat paling bagusbacaan khutbah jumat, khutbah jumat singkat, khutbah jumat terbaru, khutbah jumat bulan syawal, khutbah jumat menyambut ramadhan, khutbah jumat bulan sya'ban, khutbah jumat bulan ramadhan, khutbah jumat bahasa sunda, khutbah jumat 2021 singkat padat, khutbah jumat akhir ramadhan, khutbah jumat adalah, khutbah jumat arab, khutbah jumat akhir syawal, khutbah jumat akhir bulan rajab, khutbah jumat akhir ramadhan pdf, khutbah jumat akhir ramadhan bahasa sunda, khutbah jumat akhir bulan sya'ban, do'a khutbah jumat, do'a khutbah, khutbah jumat bulan rajab, khutbah jumat bahasa sunda 2021, khutbah jumat bahasa sunda lengkap, khutbah, jumat bahasa sunda tentang maot, khutbah jumat b arab, khutbah jumat b jawa, khutbah jumat b.sunda singkat, khutbah jumat cerita motivasi, khutbah jumat cerita hikmah, khutbah jumat ciri orang bertaqwa, khutbah jumat contoh, khutbah jumat cerita sahabat nabi, khutbah jumat cukuplah kematian menjadi nasehat, carilah khutbah jumat, cari khutbah jumat, catatan khutbah jumat, khutbah jumat dilakukan sebanyak, khutbah jumat dilaksanakan, khutbah jumat dapat menjadi sarana menuntut ilmu karena, khutbah jumat di bulan ramadhan, khutbah jumat dilaksanakan pada saat, khutbah jumat di bulan sya'ban, khutbah jumat dilakukan sebanyak dua kali dan ada duduk bagi khatib diantara dua khutbah tersebut, khutbah jumat di bulan rajab, doa khutbah jumat, doa khutbah jumat latin, doa, khutbah jumat pertama, doa khutbah jumat pdf, doa khutbah jumat untuk palestina, doa khutbah jumat kedua latin, doa khutbah jumat rumaysho, doa khutbah jumat sesuai sunnah, khutbah jumat edisi 28 mei 2021, khutbah jumat eramuslim, khutbah jumat empat jalan menuju surga, khutbah jumat edisi maret 2021, khutbah jumat edisi terbaru, khutbah jumat edisi ramadhan, khutbah jumat edisi februari 2021, khutbah jumat empat bentuk nasib manusia, e khutbah jumat terengganu, e-khutbah jumat jheains, e masjid khutbah jumat sarawak, khutbah jumat februari 2021, khutbah jumat firanda, khutbah jumat full bahasa arab, khutbah jumat fitnah akhir zaman, khutbah jumat fadhilah bulan rajab, khutbah jumat fenomena ummat di akhir zaman, khutbah jumat fadhilah bulan sya'ban, khutbah jumat full, khutbah jumat gontor, khutbah jumat gus baha, khutbah jumat gentur, khutbah jumat generasi milenial, khutbah jumat generasi muda, khutbah jumat ghibah, khutbah jumat generasi muda islam, khutbah, jumat golongan merugi di bulan ramadhan, khutbah jumat harus menggunakan bahasa yang, khutbah jumat hari ini, khutbah jumat hukumnya, khutbah jumat hikmah isra mi'raj, khutbah jumat hikmah puasa ramadhan, khutbah jumat halal bihalal, khutbah jumat hari ini 2021, khutbah jumat hikmah dibalik musibah, khutbah jumat isra miraj, khutbah jumat idul fitri, khutbah jumat ikadi, khutbah jumat istiqamah, khutbah jumat ikadi 2021, khutbah jumat inspiratif, khutbah jumat isra mi'raj nu online, khutbah jumat istiqamah setelah ramadhan, khutbah jumat jelang ramadhan, khutbah jumat januari 2021, khutbah jumat jam berapa, khutbah jumat jamaah tabligh, khutbah jumat jangan tinggalkan sholat, khutbah jumat jaga lisan, khutbah jumat jangan berputus asa dari rahmat allah, khutbah jumat jangan sia siakan 10 hari terakhir ramadhan, khutbah jum'at terbaik, khutbah jumat kedua, khutbah jumat keistimewaan ramadhan, khutbah jumat ke 2, khutbah jumat keutamaan bulan sya'ban, khutbah jumat keutamaan bulan ramadhan, khutbah jumat ke 2 pdf, khutbah jumat keutamaan bulan rajab, khutbah jumat kematian, khutbah jumat singkat untuk pelajar, khutbah jumat 2021, khutbah jumat lengkap, khutbah jumat lailatul qadar, khutbah jumat latin, khutbah jumat lengkap dengan doa pembuka dan penutup pdf, khutbah jumat lirboyo, khutbah jumat latin pdf, khutbah jumat lengkap dengan doa, khutbah jumat lengkap teks latin, khutbah jumat menyentuh hati, khutbah jumat, menyambut bulan ramadhan, khutbah jumat menyambut ramadhan 2021, khutbah jumat muhammadiyah, khutbah jumat mulai dilaksanakan ketika, khutbah jumat menakutkan, khutbah jumat menyambut ramadhan terbaru, mc khutbah jumat, mater khutbah jumat, khutbah jumat nu terbaru, khutbah jumat nuzulul quran, khutbah jumat nisfu sya'ban, khutbah jumat nu singkat, khutbah jumat nisfu sya ban di tengah virus corona, khutbah jumat nu jatim, khutbah jumat nuzulul quran nu, khutbah jumat nu pdf, nu khutbah jumat, suara nu khutbah jumat, khutbah jumat nu bahasa jawa, khutbah jumat nu tentang kerukunan, khutbah jumat nu terbaru 2020, khutbah jumat bulan syawal nu online, khutbah jumat orang yang bangkrut, khutbah jumat online, khutbah jumat orang yang rugi di bulan ramadhan, khutbah jumat orang yang dirindukan surga, khutbah jumat orang tua, khutbah jumat online nu, khutbah jumat orang malas puasa, khutbah jumat oktober 2020, khutbah jum'at lengkap dengan do'a, khutbah jumat pertengahan ramadhan, khutbah jumat paling bagus, khutbah jumat pdf, khutbah jumat puasa tapi tidak shalat, khutbah jumat pertama dan kedua singkat, khutbah jumat puasa, khutbah jumat pertama kali dilaksanakan pada, khutbah jumat pasca ramadhan, khutbah jumat p, khutbah jumat qonaah, khutbah jumat qadha dan qadar, khutbah jumat quran, khutbah jumat quraish shihab, khutbah jumat qalbun salim, khutbah jumat qurban, khutbah jumat qurban muhammadiyah, khutbah jumat qolbun salim, tuliskan khutbah jumat, khutbah jumat terdiri dari, khutbah jumat ramadhan, khutbah jumat ramadhan terbaik, khutbah jumat rumaysho, khutbah jumat renungan, khutbah jumat rajab, khutbah jumat rodja, khutbah jumat ramadhan singkat pdf, khutbah jumat ramadhan 2020, khutbah jumat singkat terbaru, khutbah jumat singkat pdf, khutbah jumat sunda, khutbah jumat singkat untuk pelajar smp, khutbah jumat singkat sedih, khutbah jumat syawal, khutbah jumat singkat bahasa sunda, khutbah jumat s, khutbah jumat terbaru 2021, khutbah jumat tentang puasa, khutbah jumat terbaru 2021 pdf, khutbah jumat tentang kematian, khutbah jumat tentang sholat, khutbah jumat tentang isra mi'raj, khutbah jumat tentang lailatul qadar, tek khutbah jumat, tek khutbah jumat singkat, tek khutbah jumat bahasa arab, tek khutbah jumat terbaru, tek khutbah jumat bulan rajab, tek khutbah jumat bulan syawal, tek khutbah jumat kedua, tek khutbah jumat menyambut bulan ramadhan, khutbah jumat uas, khutbah jumat ustadz adi hidayat, khutbah jumat ustadz firanda, khutbah jumat untuk pelajar, khutbah jumat unida gontor, khutbah jumat ustadz das'ad latif, khutbah jumat uas pdf, khutbah jumat ustadz khalid basalamah, 7 khutbah jumat, khutbah jumat versi muhammadiyah, khutbah jumat vaksin, khutbah jumat vaksin covid, khutbah jumat virus merebak pertanda kiamat kian mendekat, khutbah jumat virtual, khutbah jumat versi nu, khutbah jumat versi bugis, khutbah jumat virus corona bulan sya ban, khutbah jumat ii, khutbah jumat waktu, khutbah jumat word, khutbah jumat wasiat taqwa, khutbah jumat wahdah islamiyah, khutbah jumat wakaf, khutbah jumat waktu bagi seorang muslim, khutbah jumat wakaf dan kepedulian sosial, khutbah jumat waspadai golongan merugi di bulan ramadhan, khutbah jumat tentang zakat mal atau harta, khutbah jum'at panjang, khutbah jumat yang singkat, khutbah jumat yufid, khutbah jumat yang membatalkan pahala puasa, khutbah jumat yang benar, khutbah jumat yang kedua, khutbah jumat yang pendek, khutbah jumat yang puitis, khutbah jumat yang menyentuh hati, youtube khutbah jumat, khutbah jumat zakat, khutbah jumat zakat fitrah, khutbah jumat zakat fitrah pdf , khutbah jumat zakat fitrah nu, khutbah jumat zainuddin mz, khutbah jumat zaman, berubah tetaplah istiqomah, khutbah jumat zainudin mz, khutbah jumat ziarah kubur, 1 contoh khutbah jumat, khutbah jumat 1 muharram, khutbah jumat 1 januari 2021, khutbah jumat 1 syawal terbaru, khutbah jumat 1 muharram 1440 h, khutbah jumat 1 dan 2 pendek, khutbah jumat 1 muharram 1442 h, khutbah jumat 2020 singkat padat, khutbah jumat 2021 pdf, khutbah jumat 2021 radio rodja, khutbah jumat 2020, khutbah jumat 22 januari 2021, khutbah jumat 2020 nuzulul quran, khutbah jumat 2 april 2021, 2 khutbah jumat singkat, 2 khutbah jumat lengkap, khutbah 2 jumat latin, rukun 2 khutbah jumat, syarat 2 khutbah jumat, contoh 2 khutbah jumat, rukun 2 khutbah jumat dalam bahasa arab, 2 khutbah shalat jumat, khutbah jumat 3 wasiat rasulullah, khutbah jumat 3 perkara, khutbah jumat 3 amalan di akhir ramadhan, khutbah jumat 30 april 2021, khutbah jumat 3 hal penting di bulan rajab, khutbah jumat 3 perumpamaan sifat manusia dalam al quran, khutbah jumat 3 doa malaikat jibril, khutbah jumat 3 nasihat jibril kepada nabi muhammad, 3 rukun khutbah jumat, 3 syarat khutbah jumat, edisi 3 khutbah jumat terbaru menuju manusia terbaik, 3 contoh khutbah jumat, khutbah jumat 3 amalan yang dicintai allah sebutkan 3 rukun khutbah jumat, khutbah jumat 4 perkara, khutbah jumat 4 permata dalam diri manusia, khutbah jumat 4 golongan yang dirindukan surga, khutbah jumat 4 macam golongan manusia, khutbah jumat 4 golongan manusia yang dirindukan surga, khutbah jumat 4 hal yang dipertanggungjawabkan di hari kiamat, khutbah jumat 4 nasihat rasulullah kepada abu dzar, khutbah, jumat 4 orang yang dirindukan surga, 4 rukun khutbah jumat, khutbah jumat 4 perkara yang tidak merugikan, khutbah jumat 4 pertanyaan di hari kiamat, khutbah jumat 5 perkara, khutbah jumat 5 penyesalan setelah mati, khutbah jumat 5 perkara sebelum 5 perkara, khutbah jumat 5 tipe orang yang beruntung di bulan ramadhan, khutbah jumat 5 maret 2021, khutbah jumat 5 karakter orang bertaqwa, khutbah jumat 5 menit, khutbah jumat 5 hal, 5 rukun khutbah jumat, 5 syarat khutbah jumat, 5 sunnah khutbah jumat, 5 contoh khutbah jumat, sebutkan 5 rukun khutbah jumat, khutbah jumat 5 pesan rasulullah, khutbah jumat 6 pertanyaan imam ghazali, khutbah jumat 6 adab menghadiri shalat jumat, khutbah jumat 6 sifat sahabat, khutbah jumat 6 keutamaan lailatul qadar, khutbah jumat 6 persiapan diri menyambut ramadhan, khutbah jumat 6 maret 2021, khutbah jumat 6 perkara yang merusak amal, khutbah jumat 6 hal yang membuat hati rusak, 6 rukun khutbah jumat, 6 rukun khutbah jumat dan contohnya, 6 sunnah khutbah jumat, 6 syarat khutbah jumat, sebutkan 6 rukun khutbah jumat, khutbah jumat 6 november 2020, khutbah jumat 7 menit, khutbah jumat 7 kenyataan setelah ramadhan, khutbah jumat 7 menit kh marzuki mustamar, khutbah jumat 7 mei 2021, khutbah jumat 7 golongan yang mendapat naungan allah, khutbah jumat 7 langkah mencuci hati, khutbah jumat 7 kemudahan di bulan ramadhan, khutbah jumat 7 mei, 7 khutbah jumat singkat, 7 syarat khutbah jumat, 7 rukun khutbah jumat, khutbah jumat 7 agustus 2020, khutbah jumat 7 golongan yang mendapat naungan di hari kiamat, khutbah jumat 8 syawal, khutbah jumat 8 april 2021, khutbah jumat 8 januari 2021, khutbah jumat 8 mei 2020, khutbah jumat 8 perkara, khutbah jumat edisi 8 januari 2021, khutbah jumat tgl 8 januari 2021, khutbah, jumat tahun 80an, 8 syarat khutbah jumat, tuliskan 8 sunnah khutbah jumat, khutbah jumat 9 syawal, khutbah jumat 9 april 2021, khutbah jumat 9 syawal 1442, khutbah jumat 9 syawal 1442 h, khutbah, jumat 9 syawal 2021, khutbah jumat 9 april, khutbah jumat 9 april 2021 pdf, khutbah jumat 9 oktober 2020, khutbah jumat 9 muharram  khutbah jumat musuh manusia, khutbah jumat macam macam syirik, khutbah jumat tipu daya setan, khutbah jumat tipu daya dunia, khutbah jumat tentang fitrah manusia, strategi setan dalam menyesatkan manusia, khutbah jumat tentang syirik, khutbah jumat tentang iblis.











Posting Komentar untuk "MEWASPADAI TIPU DAYA SETAN - Khutbah Jumat"